Gagasan Cerdas Mencari dan Mendesain Untuk Rumah Anda

Apakah anda telah memutuskan ingin membangun rumah baru? dimanakah lokasinya???

Lokasi dimana anda ingin membangun rumah adalah hal pertama yang harus menjadi pertimbangan anda, karena hal tersebut akan berpengaruh pada desain rumah anda. Langkah selanjutnya adalah mencari ide-ide berupa gambaran desain sesuai dengan yang anda inginkan sebelum mengunjungi desainer anda. Anda tidak perlu binggung dalam mencari ide yang tepat, cukup ambil majalah atau melihat-lihat di website, cari yang anda suka, mengapa anda menyukainya?. Bisa karena warnanya, materialnya, sistem tata cahayanya, sirkulasinya dll. Bagaimana ruang membuat anda merasa nyaman? Apa yang menciptakan perasaan itu? semakin spesifik, dan tuliskan apa yang anda suka tentang hal itu. Misalnya, Anda dapat menulis, “Saya suka bagaimana warna di ruangan itu berubah ketika matahari terbenam” atau “Saya suka bagaimana alam bebas di dalamnya”.
Terakhir konsultasikan ide yang anda inginkan, sukai, harapkan dan apa yang anda tidak suka kepada desainer interior. Tunjukkan foto atau gambar desain yang anda inginkan dan berikan list dari hasil spesifikasi yang telah anda lakukan sebelumnya. Hal ini akan mempercepat proses desain ruamah anda.

Ketika anda mencari referensi terkait ide, apakah ada gaya arsitektur tertentu yang anda inginkan? seperti halya bergaya modern, klasik, scandinavian, atau lainnya. Nuansa seperti apa yang anda harapkan dari rumah anda? hangat, segar atau seperti apa?. Kemudian aktivitas apa yang harus ada di dalam rumah tersebut. Setelah berbagai pertanyaan tersebut terjawab, kemudian desainer akan membantu anda dalam merencanakan rumah anda. Sebaiknya buatlah list agar tidak ada yang terlupa. List tersebut akan membantu desainer maupun arsitek untuk menentukan besaran ukuran ruang sesuai dengan kebutuhan anda.

Langkah berikutnya bandingkan semua bidang ini dengan rumah anda saat ini. Apakah ruang yang sekarang sesuai dengan kebutuhan anda? Catat pengukuran ruang anda dan kemudian menandai apakah ruang tersebut memadai. Jika memungkinkan, cari daerah yang tidak terlalu padat penduduk. Misalnya, jika anda memiliki gudang yang terlalu besar, maka ini kurang efisien. Setiap kali anda mengurangi ukuran luas rumah baru anda, anda bukan saja menghemat biaya pembangunannya juga biaya operasional rumah nantinya. Desainer akan memandu anda menerjemahkan ide-ide anda ke dalam desain awal untuk pertimbangan anda. Hasilnya akan jauh lebih baik dari rumah dengan denah standar karena telah direncanakan dengan matang sebelumnya. Anda akan memiliki hunian dengan desain yang indah, sesuai kebutuhan, mampu mewadahi setiap aktivitas anda, dan mampu merefleksikan siapa diri anda. Setelah itu temukan jasa kontraktor interior yang tepat, sehingga gambar desain yang sudah ada menjadi semakin sempurna!